Taushiyah Senja : Anak Adalah Amanah Dari Allah


Anak Adalah Amanah Dari Allah

Oleh : Tommy Abdillah

Anak adalah buah hati dan cinta kedua orang tua. Anak adalah penyejuk hati bagi keletihan jiwa orang tua. Anak adalah penerus cita-cita dan harapan kedua orang tua. 

Anak juga adalah amanah dari Allah SWT yang akan dimintai pertanggung jawaban dihari kiamat kelak. Menunaikan amanah anak tidak hanya sebatas dapat memenuhi kebutuhan pokoknya dengan menyediakan fasilitas yang serba lengkap.

Namun yang terpenting adalah membimbing dan mendidiknya menjadi anak yang soleh dan soleha. Anak yang cerdas itu bukan hanya sebatas berprestasi disekolah dan kampus tapi ia memiliki kecintaan kapada Allah SWT dan Rasulullah SAW serta berbakti kepada kedua orang tuanya.

Metode Islam dalam mendidik anak adalah : menanamkan nilai-nilai keimanan kepada Allah SWT (tauhid) dari sejak dini, menanamkan adab dan akhlaqul karimah, mengajarkan makna hakiki tentang kehidupan, memberikan keteladanan dalam beramal soleh dan mengarahkan untuk bisa hidup mandiri.

Pilihkan pada mereka pendidikan formal yang tepat yang berbasiskan pendidikan agama Islam dan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan sains dan teknologi. Agar mereka bisa menjadi generasi pemimpin bagi diri, keluarga dan negara ini dimasa depan.

Mari jangan biarkan anak-anak kita tumbuh dan berkembang diluar rumah tanpa bimbingan yang benar sesuai dengan aqidah Islam. Berikan perhatian dan kasih sayang melebihi kecintaan kita terhadap profesi dan pekerjaan sebelum terlambat dan menyesal dibelakang hari.

Allah SWT berfirman, “Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).”(QS. Luqman:17). 

Wallahu a'lam
Baca Juga