Ditengah Kelahiran Presiden Soekarno dan Soeharto Ada Kelahiran Abi Loh...

Ditengah Kelahiran Presiden Soekarno dan Soeharto Ada Kelahiran Abi Loh...

Empat hari lalu saat aku pulang ke rumah disambut ke enam bidadariku di depan pintu dengan ceria. Satu persatu sambil membersihkan pakaianku yang masih basah karena hujan, mereka langsung menyambutku dengan berbagai pertanyaan dan  pendapat yang harus aku komentari.

"sabar ...sabar... bentar abi ke belakang dulu ya" kataku pada mereka supaya mereka minggir segera karena badanku yang kuyup kehujanan...

Dengan wajah yang riang dan senang, mereka senyum lepas, seakan rindu berat sama abinya. Dalam pikir ku, mungkin karena aku pulang sedikit cepat dari biasanya. Eh ternyata tidak, tapi kegembiraan itu karena sebelum aku pulang, sejam sebelumnya mereka sudah dapat wejangan dari istriku. Tentang hari lahirku... Dan itulah yang ingin mereka sampaikan.



elesai berbenah, mandi dan makan malam dengan penasaran aku langsung bertanya pada mereka apa yang mau mereka sampaikan. "Anak abi, sini sini.. Apa yang mau anak abi sampaikan?" tanyaku pada mereka.

Ternyata mereka ingin dapatkan perhatianku dan persetujuanku kalau mereka ingin memberi kado hari lahirku yang tepat 7 Juni Besok.

"Abikan, ga kita ga boleh ulang tahun, kami ada tabungan bi.. kami boleh ya kasih kado ke abi?" Kata mereka saling bersahutan.. ya bi.. bisalah ya bi" sambil memelas berharap dapat persetujuan.

"Kadonya apa?" kutanya.

"adalah....' kata mereka sambil saling menatap adik kakak dengan sedikit kode agar aku tidak mengetahui apa kadonya..

Lalu aku bertanya, siapa yg kasih kabar kalau abi mau ulang tahun?

"Umilahhh......" jawab mereka.

"ohh..."

**
Dengan suana yang serius tapi santai, soal kabar ulang tahun itu aku sampaikan petuah atau wejangan untuk anak anakku di malam itu.

Gini anak abi, pertama, bahwa perayaan ulang tahun itu bukan bagian dari budaya kita umat Islam. Karena ulang tahun itu hal biasa saja, ga ada yang harus di istimewakan. Jadi misal, sekarang umur abi di jatah Allah hanya sampe 65 tahun, maka jika abi sekarang ulang tahun di usia 35, maka sebenarnya yang kita rayakan adalah dekatnya abi akan kematian, sekira 30 tahun lagi. Jadi apa yang Istimewa dari Ulang tahun? Nanti kalau abi dah meninggal dan pantas untuk di kenang supaya kalian ingat abi, nah ga apa setiap tanggal 7 juni kalian buat acara... agar kalian ingat Abi yang berada di kubur sana....

Kemudian, di dunia ini kita tidak punya kuasa harus lahir tanggal berapa. Misalnya ini abi ini, mana pula bisa abi minta sama Allah untuk lahir tanggal 30 desembebr misalnya. kan ga bisa? lantas kenapa Allah kasih abi lahir tanggal 7 Juni? apa maksudnya Allah? itu jawabannya adalah Walllahualam. Atau  hanya Allahlah yang tau maksud dan tujuannya. Jadi tanggal itu di syukuri saja.. ga bisa dipilih pilih.


trus, tau ga anak anak abi, kalau abi itu lahir di tengah tengah tanggal lahirnya tokoh Indonesia. Dan pernah menjadi pemimpin negara ini. Presiden Pertama dan Presiden Kedua. Kalau Soekarno itu lahir tanggal 6 Juni, Presiden Soeharto itu lahirnya 8 Juni maka abi ini adalah orang Istimewa yang dilahirkan tanggal 7 Juni loh... Hebat ga itu? "
 tanyaku sambil membusungkan dada menunjukkan keistimewaannya sebagai seorang Ayah... :D

hahahahahha... sambil tertawa mereka mengatakan "Hebat lah... Abi...Abi Siapa dulu."

Pecah !)(*( , kamipun tertawa hebat...


Lalu satu persatu dari mereka sudah tergolek mengantuk mendengarkan petuah petuah dariku malam itu...

Bersambung.