Duhai Ayah ! Anak Anda butuh Waktu Bukan Uang


Tidak ada yang lebih bahagia dari seorang anak jika ia bisa bermain dan belajar bersama orang tuanya, khususnya bersama ayah. 
.
Saat bermain, seorang ayah akan mengajarkan kemandirian, kedisplinan dan kerja keras. Karena itulah yang dilakukan ayah sebagai tulang punggung keluarga.
.
Sebanyak apapun harta yang kita punya, jika waktu yang kita berikan pada anak sangat sedikit dan tidak berkualitas maka harta itu tidak akan memberinya kebahagiaan sesungguhnya.
.
misalnya anda belikan anak anda kendaraan mewah atau mainan yang mahal, apakah dengan semua itu dia bisa mendapatkan hangatnya kasih sayang ?
.
Tugas ayah itu sangat mulia. Selain tugasnya mencari nafkah, ayah juga punya tugas untuk mengajarkan anak cara menyelesaikan masalah dalam bersosial.
.
Pola asuh ibu itu berbeda dengan ayah. Kebosanan anak anak pada ibunya pasti mampu di cairkan oleh pola asuh dari seorang ayah. Ayah akan selalu membawa ide baru dari luar untuk di sampaikan pada anak anaknya.
.
Apalagi anak kita perempuan. Ayah adalah sosok pria idolanya yang pertama dalam hidup ini. Ayah adalah sosok pahlawan pertamanya dalam hidup ini. Ayah adalah sosok teladan pertamanya dalam hidup ini.


.
Dalam hubungan kedekatan pada seorang ayah, setidaknya hal yang positif akan di dapat oleh anak adalah enumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi.
.
Karena,  Bagaimana tidak, ayah adalah sosok yang paling sering bersosial. Dari pengalaman seorang ayah itulah secara tidak sadar, akan membentuk karakter anak. Bagaimana ayah menyelesaikan persoalannya di luar akan di contoh oleh anak, bagaimana seorang ayah berteman juga akan di contoh oleh anak. 

Tidak hanya itu, dengan kedekatan seorang ayah pada anaknya maka tertanam nilai pada diri anak bahwa ia adalah seseorang yang berharga karena ia tahu ayahnya menyayanginya. Anak yang memiliki rasa percaya diri yang baik akan lebih bisa menghargai dan mencintai dirinya sendiri.

Karakter positif ini bisa membuat anak dapat bersosialisasi lebih baik dengan orang-orang yang ada disekitarnya. Tidak hanya itu, rasa percaya diri yang kuat akan membuat anak dapat lebih sigap dan selalu yakin bisa menyelesaikan tugas atau tantangan baru dengan baik.
.
Tidak hanya itu, Campur tangan ayah dalam tumbuh kembang anak bisa membuatnya terhindar dari gangguan mental pada masa mendatang dan mencegah pubertas dini, khususnya bagi anak perempuan. Pujian dari ayah pada anak perempuan dapat membentuknya menjadi wanita dewasa yang penuh percaya diri.
.
Selain itu, dalam sebuah studi juga membuktikan bahwa ikatan yang kuat antara ayah dan anak mampu membuat anak lebih mahir dalam mengendalikan stres saat ia sudah dewasa dibandingkan dengan anak yang memiliki hubungan tidak baik dengan ayahnya.
.
Dan tentu saja banyak lagi yang didapatkan dari sorang ayah dekat dengan anaknya.
.
Terakhir, yuk... cobalah untuk membuat momen yang menyenangkan bersama Si Kecil, seperti terlibat dalam mengajarkannya membaca, menulis, berolahraga, mengendarai sepeda, memancing, melakukan pekerjaan rumah, atau hal lain yang bermanfaat bagi mereka. Lewat cara ini, Anda dapat mengetahui bakat dan potensi Si Kecil.

Bang Bara


Baca Juga