Pejuang Harus Punya Blog !

Pejuang Harus Punya Blog !

"Hidup adalah perjuangan". Tampaknya anekdot ini masih relevan dari dulu hingga kini. Kalimat yang dipopulerkan oleh Ahmad Dhani sang legenda musik Indonesia ini masih sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari.

Saya menilai bahwa setiap dari kita itu pejuang minimal berjuang untuk keluaga kita . Apapun profesinya perjuangan adalah hidup. Dan tentunya sebagai manusia  yang masih hidup, pantaslah kita disebut pejuang. 

Dalam Judul Postingan Pejuang Harus Punya Blog ini saya tujukan pada dua model pejuang saja. Yakni,  Pejuang materi yang disebut sebagai Pebisnis, atau Pejuang non materi yang sering kita sebut aktivis dan pendakwah. Baiklah berikut Alasan kenapa Pejuang Harus Punya Blog? 

Baca Juga : Blogger Ideologis Riwayatmu Kini



1. Tulisan dalam Blog Menyisakan Jejak Permanen Search Engine

Diera digital sekarang ini, setiap dari kita mencari informasi tentu saja dari Search Engine. Baik dari Google, Yahoo atau Bing. Apapun kata yang kita ketik di sana, selagi kata itu memiliki makna bahkan terkadang kata yang tidak memiliki makna akan muncul penjelasannya.

Semua penjelasan mengarah pada website atau Blog. Semua kata yang  ada di dunia ini jika dibuka melalui browser pasti terkait dengan blog atau web. Itu artinya, Blog adalah syarat didomplengnya sebuah kata dalam  ini Ide anda diketahui di dunia maya.

Dalam arti lain, blog atau website itu sebuah media penghubung antara pesan yang ada dipikiran anda kepada orang lain yang di hubungkan melalui jaringan internet (digital). 

Selagi dunia butuh browser, selagi browser masih ada, maka syarat utama media (tempat) anda menampung Ide dan gagasan adalah Blog. Jadi Blog dengan isinya sampaikapapun akan menjadi jejak di dunia maya.

2. Karakter Blog Berbeda dengan Sosial Media. 

Pertama, Platform Sosial Media semisal facebook, Instagram dan twitter belum tentu mengakomodir semua ide kita. Walau juga blog juga punya aturan yang hampir sama, namun anda dalam blog bisa lebih bebas berkreasi.

Lagi juga butuh anda ketahui, Sosial media juga website blog juga. keberadaan anda di dalam akun sosial media itu sebenarnya adalah kontribusi anda pada web atau blog itu sendiri. 

Intinya, jika anda hanya mengandalkan akun akun sosial media dalam menyampaikan ide, maka kemerdekaan anda akan terbatasi. Yang membatasinya adalah Platform itu. Misal di facebook anda punya pemikiran yang berbeda dengan LGBT maka facebook tidak izinkan anda untuk tulis yang menyindir mereka kaum LGBT itu. Atau kontent kontent lainnya semua aturan aturan yang dibuat sosial media harus anda ikuti agar anda tetap eksis di sana. 

Kedua, Tidak semua post anda di sosial media itu terindeks dalam google. Silahkan buktikan sendiri. Anda tulis status di fb atau di IG, lalu anda copy paste tulisan anda di google, apakah tulisan itu muncul di Google? Bisa jadi ada bisa jadi tidak. tapi relatif tidak karena tulisan (link) post anda itu non indeks. Setelan otomatis rata rata platform sosial media.

Kenapa demikian? Dalam bahawa web itu ada namanya permalink. Nah permalink ini bagi pemilik web atau blog bisa di non index. itu artinya postingan postingan anda yang di web facebook itu di non indekx oleh mereka. Tujuannya agar kita pengguna akun tidak keluar dari halaman facebook. Sehingga setiap tulisan bagus anda hanya akan bisa dilihat dari facebook. Dari sana artinya facebook ingin memastikan, kalau mau menikmati tulisan anda, maka harus login ke facebook. Ini Normal secara market. 

Jadi sampai sisni sudah faham ya betapa pentingnya anda memiliki Blog tidak hanya akun sosial media? 

Baiklah sementara itu dulu penjelasan sementara saya, masih ada banyak faktor kenapa anda harus sebagai pejuang harus memiliki blog...Ada faktor Kredibilitas, Akuntabilitas, Kemudahan Ekses Informasi, Low Cost Adv, Mudah dan Cepat. Semua Alasan Kenapa Pejuang Harus Memiliki Blog akan saya bahas dalam kesempatan lain... Bersambung