Sejarah dan Video  Azan Pertama di Hagia Sophia Sebagai Simbol Kebangkitan Islam

Sejarah dan Video Azan Pertama di Hagia Sophia Sebagai Simbol Kebangkitan Islam

Hari ini mungkin menjadi salah satu momen membahagiakan bagi Muslim dunia. Tidak hanya di Turky namun seluruh dunia khususnya muslim yang mengerti soal sejarah peradaban Islam.

Sebagaimana dikabarkan  media media mainstream, Mahkamah Agung Turki baru saja mencabut keputusan kabinet yang menetapkan Hagia Sophia sebagai museum selama beberapa dekade.

Dengan begitu, per Jumat 10 Juli 2020, Hagia Sophia bisa kembali menjadi masjid usai Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkannya lewat akun Twitter @RTErdogan.

Meskipun banyak negara Barat yang mengecam, Turki tetap berupaya mengembalikan fungsi Hagia Sophia seperti di masa Utsmani dahulu. Yakni menjadi Masjid tempat ibadahnya umat Islam.

Untuk pertama kalinya, azan pun dikumandangkan untuk memanggil para jamaah salat di masjid itu.
Warga Turki beramai-ramai datang ke halaman Hagia Sophia untuk merekam momen bersejarah ini.

Kilas seputar Hagia Sophia

Hagia Sophia sebuah bangunan bekas basilika, dibangun tahun 537 M sampai 1453 M, bangunan ini merupakan dahulu merupakan katedral Ortodoks dan tempat kedudukan Patriark Ekumenis Konstantinopel, kecuali pada tahun 1204 sampai 1261, ketika tempat ini diubah oleh Pasukan Salib Keempat menjadi Katedral Katolik Roma di bawah kekuasaan Kekaisaran Latin Konstantinopel.

Bangunan ini menjadi masjid mulai 29 Mei 1453 sampai 1931 pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani. Kemudian bangunan ini disekulerkan dan dibuka sebagai museum pada 1 Februari 1935 oleh Republik Turki.

Terkenal akan kubah besarnya, Hagia Sophia dipandang sebagai lambang arsitektur Bizantium dan dikatakan "telah mengubah sejarah arsitektur." Bangunan ini tetap menjadi katedral terbesar di dunia selama hampir seribu tahun sampai Katedral Sevilla diselesaikan pada tahun 1520.

Bangunan yang sekarang ini awalnya dibangun sebagai sebuah gereja antara tahun 532-537 atas perintah Kaisar Rowami Timur Yustinianus I dan merupakan Gereja Kebijaksanaan Suci ketiga yang dibangun di tanah yang sama, dua bangunan sebelumnya telah hancur karena kerusuhan. Bangunan ini didesain oleh ahli ukur Yunani, Isidore dari Miletus dan Anthemius dari Tralles.

Gereja ini dipersembahkan kepada Kebijaksanaan Tuhan, sang Logos, pribadi kedua dari Trinitas Suci, pesta peringatannya diadakan setiap 25 Desember untuk memperingati kelahiran dari inkarnasi Logos dalam diri Kristus.[6] Walaupun sesekali disebut sebagai Sancta Sophia (seolah dinamai dari Santa Sophia), sophia sebenarnya pelafalan fonetis Latin dari kata Yunani untuk kebijaksanaan. Nama lengkapnya dalam bahasa Yunani adalah Ναὸς τῆς Ἁγίας τοῦ Θεοῦ Σοφίας, Naos tēs Hagias tou Theou Sophias, "Tempat Peziarahan Kebijaksaan Suci Tuhan".

Pada 1453 M, Konstantinopel ditaklukkan oleh Utsmani di bawah kepemimpinan Sultan Mehmed II, yang kemudian memerintahkan pengubahan gereja utama Kristen Ortodoks menjadi masjid.

Dari pengubahan awal bangunan ini menjadi masjid sampai pembangunan Masjid Sultan Ahmed (juga dikenal dengan Masjid Biru) pada 1616, Aya Sofya merupakan masjid utama di Istanbul.

Perjuangan penaklukan konstantinopel ini tercatat dalam sejarah peradaban dunia. Bagaimana tidak, Penaklukan yang di pimpin Oleh Muhamaad Al Fatih ini dilakukan dengan pasukan sebanyak 80.000 prajurit, 320 kapal, dan sebulan lamanya melakukan pengintaian. Walaupun setelah pengintaian, hanya 80 kapal yang dapat berangkat.

Pengepungan dimulai pada tanggal 6 April tahun 1453. Al Fatih dan pasukannya berusaha untuk menembus benteng Theodosian, benteng yang menjadi kebanggaan Kekaisaran Byzantium saat itu.

Dimana mereka memulainya dari pintu selat Bosphorus melewati perairan Marmara untuk sampai di pelabuhan laut Golden Horn/Tanduk Emas.

Setelah melakukan pengintaian dan penyerangan selama 57 hari atau hampir dua bulan lamanya, mereka dapat menaklukkan Byzantium dan mengambil alih Konstantinopel pada 29 Mei 1453 M.

Pantaslah jika umat Islam di dunia hari ini berbagahia, karena dengan kembalinya fungsi Masjid Biru ini menjadi pusat Ibadah umat Islam di Istanbul, maka mereka dapat mengenang dan mendapatkan spirit baru dari pendahulunya para Syuhada pasukan terbaik Muhammad Al Fatih.

Kini, dengan kembalinya  Hagia Sophia menjadi masjid  dan seluruh umat Islam bergembira, itu pertanda persatuan umat Islam jelas nyata dengan bersuara..

Berikut Video Detik-detik Azan Pertama di Hagia Sophia, Disambut Meriah Warga Turki