STB MNC Play Tidak Bisa Install Aplikasi

Pasti nama MNC Play tidak akan asing terdengar di telinga bagi sebagian masyarakat ditanah air. Hal ini karena MNC Play termasuk penyedia jasa layanan

Pasti nama MNC Play tidak akan asing terdengar di telinga bagi sebagian masyarakat ditanah air. Hal ini karena MNC Play termasuk penyedia jasa layanan internet yang kredibel. Namun sayangnya belakangan ada keluhan jika STB MNC Play tidak bisa install aplikasi.

Berita ini tentu membuat heran. Sebab MNC Play selama ini terkenal selalu memberikan kepuasan bagi para pelanggannya dengan kecepatan akses internetnya yang selalu lancar. Ternyata permasalahan tersebut berkaitan dengan penyediaan layanan SmartTV.

Nah agar lebih paham apa serta bagaimana tentang permasalahan STB MNC Play tidak bisa install aplikasi ini silahkan ikuti terus saja uraian yang ada di bawah ini sampai tuntas.

Penyebab STB Tak Bisa Pasang Aplikasi

Set Top Box atau yang sering disebut STB adalah sebuah fasilitas tambahan bagi para pelanggan MNC Play. Perangkat tambahan ini akan memungkinkan dapat dinikmatinya berbagai saluran televisi yang memiliki acara menarik. Bahkan bisa juga untuk install Netflix.

Akan tetapi beberapa hari terakhir terjadi permasalahan dimana aplikasi tak dapat lagi dipasang pada STB milik MNP Play. Ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya hal ini, antara lain adalah sebagai berikut:

1. STB sudah Usang

Perangkat tambahan yang bernama Set Top Box atau STB itu  memiliki sebuah periode masa.

Biasanya usia Set Top Box adalah sekitar 3 tahun. Apabila capaian usia sebuah Set Top Box lebih dari masa periodenya maka biasanya akan terjadi kerusakan-kerusakan pada sistem di dalam STB tersebut.

Keadaan seperti inilah yang akhirnya dapat menyebabkan STB tak lagi dapat berfungsi seperti seharusnya, sehingga STB MNC Play tidak bisa install aplikasi.

2. Jaringan Internet Diblok

Ketika aplikasi tak bisa dipasang atau diinstall pada Set Top Box milik MNC Play ada kemungkinan karena jaringan wifinya sedang diblokir oleh pihak MNC Play sendiri.

Baca juga Cara Paling Mudah Membayar Tagihan First Media Pakai Akulaku

Biasanya penyebab utama dari hal ini adalah karena pengguna jasa layanan MNC Play telah telat terlambat untuk segera melakukan pembayaran iuran bulanan selama lebih dari 3 hari.

3. Memori Penuh

Pada sebuah STB Set Top Box ada ruang penyimpanan di dalamnya. Ruangan inilah yang akan dimanfaatkan sebagai ruang penampung berbagai macam data, termasuk aplikasi.

Nah apabila suatu saat data aplikasi yang telah diinstal dan disimpan di ruang penyimpanan di dalam STB telah penuh maka sudah pasti tidak akan dapat melakukan pemasangan sebuah  aplikasi yang baru lagi. Sebab memang sudah tak ada ruang untuk menyimpannya.

4. Aplikasi Tidak Dalam Daftar Layanan

Setiap Set Top Box memiliki daftar layanan aplikasinya masing-masing. Sehingga apabila pengguna akan melakukan install aplikasi namun tak bisa, maka bisa jadi aplikasi yang diinginkan tidak terdaftar pada STB milik MNC Play.

Cara Atasi STB MNC Play tidak bisa install aplikasi

Dari paparan faktor penyebab di atas maka di bawah ini akan dapat diuraikan jalan keluar terbaik yang dapat dilakukan oleh para pemkai saluran MNC Play agar masalah yang dihadapi dapat segera usai.

1. Ganti Perangkat STB

Jalan keluar dari permasalahan alat Set Top Box sudah usang hanya ada satu, yaitu menggantinya dengan STB yang baru. Untuk itu buatlah pengajuan penggantian alat STB ke bagian layanan pelanggan MNC Play.

Sampaikan permasalahan yang ada ke petugas yang berjaga dan ajukanlah permohonan penggantian dengan membawa persyaratan yang ditetapkan, antara lain:

·       Membawa Alat STB MNC Play yang suad usang dan ingin diganti.

·       Remote milik MNC Play

·       Melunasi pembayaran iuran yang belum terbayar

·       Membawa dana minimal 100 ribu rupiah untuk administrasi.

Baca juga Trik Jitu Mengatasi Wifi Biznet Tidak Terdeteksi di HP

2. Bayar Segera Iuran Bulanan MNC Play

Jalan keluar bagi masalah STB MNC Play tidak bisa install aplikasi yang disebabkan karena jaringan nir kabel dari pihak MNC Play diblokir adalah segera melakukan pembayaran lunas pada bulan terhutang.

Nantinya ketika semua kewajiban keuangan sebagai pelanggan MNC Play telah terpenuhi,  baik secara online maupun offline, segera informasikan kepada pihak MNC Play agar layanan jaringan wifi segera kembali dibuka blokirnya. Dan pelanggan dapat menikmati layanan kembali.

3. Hapus Aplikasi Tak Perlu

Penuhnya ruang penyimpanan yang ada di dalam sebuah perangkat yang bernama Set Top Box milik MNC Play akan menyebabkan tak bisa lagi menambah aplikasi yang baru. Jalan keluarnya yang paling pasti ya melakukan penghapusan pada beberapa aplikasi lainnya.

Baca juga Password Admin Indihome Semua Merk Router Terbaru

Pilih dan pilahlah aplikasi mana yang sekiranya tak terlalu digunakan, lalu lakukan uninstall. Tindakan ini akan menyebabkan ruang kosong tercipta lagi sehingga install aplikasi baru dapat dilakukan.

4. Gunakan Hanya Aplikasi yang Ada Dalam Daftar Layanan

Jangan memaksakan kehendak untuk melakukan pemasangan aplikasi baru yang ternyata tidak ada di dalam daftar layanan STB MNC Play. Sebuah aplikasi yang tak terdaftar tak akan mungkin bisa untuk dipasang meski beragam faktor penyebab lainnya telah ditiadakan.

Nah jadi nggak usah bingung lagi ya jika STB MNC Play tidak bisa install aplikasi. Langsung saja cari tahu sebabnya lalu terapkan solusinya. Selamat mencoba!